Bisnis

Pengertian dan Manfaat Repeat Order Untuk Bisnis

Pengertian dan Manfaat Repeat Order Untuk Bisnis

Haciaeldespertar – Salah satu kunci penting keberhasilan dalam bisnis adalah memiliki produk atau jasa yang berkualitas baik yang diapresiasi oleh masyarakat. Jika Anda sebagai pengusaha memiliki produk dengan daya jual tinggi dan banyak dicari konsumen, peluang bisnis Anda menerima banyak pesanan dan berkembang akan semakin tinggi.

Selain itu, jika banyak konsumen yang memesan lagi, berarti produk yang Anda tawarkan populer dan dapat memuaskan kebutuhan mereka. Konsumen yang kembali memesan produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu bisnis dikenal sebagai repeat order.

Jadi apa sebenarnya arti repeat order ini dan pentingnya dalam bisnis? Selain itu, apa saja hal atau tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang konsumen memesan lagi? Untuk menjawab pertanyaan ini, simak penjelasan di bawah ini tentang apa itu repeat order dan serangkaian tips cara memperbaikinya.

Apa Itu Repeat Order?

Jika dilihat secara harfiah, yang dimaksud dengan repeat command adalah perintah baru. Yang dimaksud dengan repeat order mengacu pada perilaku atau tindakan konsumen yang melakukan pemesanan atau transaksi pembelian kembali produk atau jasa tertentu dalam suatu bisnis. Istilah tersebut juga dapat diartikan sebagai kegiatan pengembalian untuk membeli dari tempat atau toko yang sama secara berulang-ulang.

Tentu saja, ada berbagai alasan mengapa konsumen kembali memesan dari bisnis atau toko. Misalnya, produk yang Anda beli dianggap memiliki kualitas dan nilai yang memuaskan.

Selain itu, ada juga alasan lain yang membuat seseorang melakukan repeat order, seperti mendapatkan pelayanan yang baik, pengalaman berbelanja yang dapat mempermudah pelanggan atau pembeli. Nilai tambah yang dimiliki oleh suatu perusahaan atau bisnis ini dapat menarik konsumen dan mengubahnya menjadi pelanggan yang loyal.

Manfaat Repeat Order pada Bisnis

Entah bagaimana, setiap pengusaha harus bisa membidik bisnisnya agar bisa mendapatkan pesanan berulang dalam jumlah besar. Pasalnya, ketika bisnis mampu mendapatkan banyak pelanggan yang selalu memesan atau melakukan pembelian berulang, pengusaha bisa merasakan banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa.

1. Mengurangi biaya promosi atau pemasaran

Manfaat pertama dari bisnis dengan tingkat repeat order yang tinggi adalah dapat mengurangi biaya pemasaran atau promosi. Seperti yang diketahui hampir setiap pelaku bisnis, biaya pemasaran atau promosi seringkali membutuhkan anggaran yang paling besar dan dapat menguras keuangan perusahaan. Memang tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menarik konsumen baru sehingga perusahaan dapat memperoleh tingkat penjualan yang tinggi.

Namun karena banyaknya konsumen yang selalu melakukan pemesanan ulang, pelaku usaha dapat mengalihkan biaya promosi ke biaya lain yang mungkin lebih penting. Pasalnya, penjualan bisnis masih bisa meningkat karena sebagian besar konsumen selalu melakukan repeat order, sehingga tidak terlalu mendesak untuk melakukan promosi.

2. Mengurangi biaya operasi bisnis

Terkait manfaat pertama, bisnis yang dapat mendorong konsumen untuk melakukan repeat order juga dapat menghemat biaya operasional. Apalagi bagi perusahaan yang mengeluarkan banyak uang untuk menarik pelanggan baru selain melalui biaya pemasaran.

3. Dapatkan sekelompok konsumen yang sangat loyal

Last but not least, reorganisasi juga berguna dalam menciptakan kelompok pelanggan atau konsumen yang sangat loyal terhadap merek atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan cara ini, risiko pelanggan beralih ke produk pesaing akan jauh lebih rendah dan peluang bisnis untuk mendapatkan pangsa pasar yang signifikan akan semakin besar. Oleh karena itu, penting bagi seorang wirausahawan untuk membuat usahanya mampu mencapai tingkat repeat order yang tinggi agar dapat meningkatkan daya saingnya terhadap pesaing.

Baca juga:

Word of mouth

Tips dan Strategi Pemasaran Properti Yang Ampuh

Tips dan Strategi Pemasaran Properti Yang Ampuh

Haciaeldespertar – Terlepas dari kualitas produknya, peran pemasaran sangat besar dalam meningkatkan volume penjualan. Di era digital, berkomunikasi dengan pelanggan adalah sesuatu yang tidak bisa dinegosiasikan. Produksi produk berkualitas tinggi membutuhkan kolaborasi dari berbagai departemen organisasi. Demikian pula, keberhasilan penjualan terjadi bila ada sinergi antar departemen terkait.

Star-up dan perusahaan yang baru saja memperkenalkan produk baru ke pasar membutuhkan upaya pemasaran yang efektif. Tanpa strategi pemasaran yang tepat, organisasi tidak akan mencapai tujuannya dan tujuan penjualan akan sulit dicapai.

Di bidang real estate, bagian pemasaran telah terlibat sejak awal proyek, dimulai dari survei, studi kelayakan proyek, analisis pangsa pasar, riset pesaing, dan penentuan pangsa pasar. Pentingnya peran pemasaran dalam real estat terletak pada kepedulian pengusaha untuk menempatkan manajer pemasaran yang berpengalaman dan cakap.

Proses bisnis di bidang real estate merupakan rangkaian yang terintegrasi, mirip dengan lari estafet. Keberhasilan estafet ditentukan oleh empat pelari, jika pelari pertama melakukan kesalahan maka tugas pelari kedua, tiga dan empat akan sulit.

Demikian juga, jika perusahaan real estate membuat kesalahan dalam tahap pembelian tanah, mengidentifikasi konsep produk dan mengembangkan strategi pemasaran menjadi tugas yang sulit. Oke, posisinya benar, tetapi kesalahan dapat terjadi jika konsep produk membingungkan. Sehingga proses selanjutnya yaitu penjualan akan mengalami kendala.

Lantas apa strateginya? Bersama-sama kita akan mempelajari peran pemasaran dalam proses bisnis real estate, khususnya proyek residensial, dalam merancang strategi pemasaran.

Memahami strategi pemasaran Anda

Strategi pemasaran adalah pendekatan dasar yang akan digunakan unit bisnis untuk mencapai tujuannya, yang meliputi pengambilan keputusan (strategi) di pasar yang lebih besar, posisi pasar, dan campuran serta alokasi biaya pemasaran. Selanjutnya, pemasar harus memperhatikan dua aspek strategis lainnya, yaitu lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan saat menentukan strategi pemasaran.

Dari pengertian diatas, setidaknya ada 6 langkah yang harus diikuti saat merancang strategi pemasaran real estate:

1. Lakukan survei pasar

Biasanya perusahaan pengembang sudah memiliki bank tanah, tanah dibeli dan disimpan dalam waktu lama hanya untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga tanah. Langkah pertama pengembang adalah melakukan riset pasar. Sejauh mana daya beli masyarakat biasanya berada dalam jarak 5 kilometer dari proyek yang akan dibangun. Berapa banyak pesaing yang ada, jenis yang dijual, kisaran harga, dan pangsa pasar.

2. Desain produk

Hasil riset pasar akan memudahkan perancangan konsep dan identifikasi produk yang akan dikomersialkan. Berdasarkan kompetitor yang ada, perusahaan dapat membuat konsep hunian dan produk yang berbeda dari kompetitor. Secara umum proyek yang akan dikembangkan harus lebih baik dari kompetitor.

Misalnya membangun jalan yang lebih lebar, memperluas ruang hijau, membuat struktur yang lebih lengkap, membangun spesifikasi yang lebih tinggi atau melengkapi rumah dengan teknologi digital.

3. Kebijakan harga

Untuk melangkah lebih jauh pada awal penjualan, seorang pengembang dapat menggunakan strategi penetapan harga yang kompetitif atau biasa disebut sebagai penetapan harga “Early Bird”. Selanjutnya, harga bisa dinaikkan. Kenaikan harga dapat didasarkan pada jumlah unit yang terjual atau selama periode waktu tertentu. Misalnya, peningkatan dengan kenaikan 50 unit atau setiap 4 bulan, angka ini dapat berubah tergantung volume penjualan.

4. Buat program master

Langkah selanjutnya adalah membuat program magister yang merupakan konsolidasi dari departemen teknik, perizinan, keuangan, sumber daya manusia dan pemasaran. Termasuk kegiatan dan waktu target.

5. Atur aktivitas penjualan dan promosi

Kegiatan promosi dapat dilakukan mulai dari awal pembangunan proyek perumahan hingga mempresentasikan produknya kepada masyarakat. Saya terus menjalankan ATL (di atas garis) dan BTL (di bawah garis).

6. Tentukan tim penjualan Anda

Merancang tim penjualan sesuai dengan tujuan nominal yang ditetapkan oleh manajemen, dengan mempertimbangkan volume penjualan pesaing dan merek perusahaan.

Referensi:

Maxmanroe

Cara Agar Bisnis Selalu Ramai Oleh Konsumen

Cara Agar Bisnis Selalu Ramai Oleh Konsumen

Haciaeldespertar – Melaksanakan bisnis memanglah hendak senantiasa penuh dengan tantangan. Tidak hirau telah berapa lama umur bisnis Kamu, membuat konsumen tiba serta melaksanakan pembelian pasti hendak senantiasa jadi pekerjaan berarti yang wajib diupayakan dengan sebaik bisa jadi.

Perihal ini pasti tidak senantiasa gampang, mengingat persaingan bisnis serta bermacam aspek yang lain hendak senantiasa pengaruhi pertumbuhan bisnis itu sendiri.

Yakinkan bisnis tidak sempat hening konsumen, supaya angka penjualan dapat didapatkan dengan optimal. Bila melaksanakan bisnis berbasis online, hingga Kamu harus menekuni metode pemasaran yang pas semenjak dini.

Dikala memahami seluruh ini, Kamu hendak lebih gampang buat mengupayakan seluruh langkah terbaik yang dapat mendatangkan lebih banyak wisatawan di web bisnis. Perihal ini sangat berarti serta hendak membolehkan Kamu mendapatkan pasar yang lebih luas buat bisnis tersebut.

1. Pelajari sasaran pasar bisnis

Apa yang dijual serta kepada siapa Kamu hendak menjualnya? Kedua perihal ini jadi persoalan mendasar yang harus dijawab dengan baik. Bila mau melaksanakan bisnis dengan berhasil, hingga Kamu wajib menguasai dengan baik siapa yang sangat pas jadi konsumen bisnis tersebut.

Perihal ini hendak memudahkan Kamu menggapai pasar yang pas serta sekalian kemampuan penjualan yang sangat optimal. Bagaimanapun pula, penjualan yang besar pasti jadi tujuan utama, bukan?

Yakinkan menekuni calon konsumen bisnis dengan baik. Kamu butuh menguasai sikap serta kebutuhan mereka hendak produk yang dijual. Perihal ini hendak memudahkan Kamu buat penuhi kebutuhan tersebut dengan cara yang pas.

Terdapat sebagian poin yang pantas diperhatikan dalam perihal ini, semacam: mutu, pemilihan iklan, jasa backlink terbaik sebagai promosi, sistem pengiriman serta pembayaran, serta yang yang lain. Seluruh ini umumnya hendak jadi pertimbangan konsumen dalam memilah, jadi yakinkan buat menguasai serta dapat memenuhinya dengan baik.

2. Buat jadi mudah

Sistem yang rumit hendak membuat konsumen malas ataupun apalagi jengkel kala berbelanja. Perihal ini berlaku buat seluruh sistem belanja, baik itu online ataupun konvensional. Seluruh orang menginginkan proses yang kilat serta gampang, jadi harus menyajikan perihal tersebut di dalam bisnis.

Pakai sistem yang gampang di dalam web bisnis, sehingga konsumen lebih kilat serta bahagia sepanjang terletak di situ. Perihal ini berlaku buat seluruh kegiatan, semacam: pencarian produk per jenis, pembayaran, retur, serta yang yang lain. Terus menjadi sederhana sistem yang Kamu terapkan, hingga hendak terus menjadi bahagia konsumen tiba berbelanja.

3. Bangun reputasi lewat ulasan

Konsumen suka melaksanakan perbandingan, tercantum membaca pembahasan dari pembeli lebih dahulu. Perihal ini membuat mereka lebih aman serta tenang buat lekas melaksanakan pembelian.

Kamu wajib membagikan peluang untuk konsumen buat meninggalkan pembahasan mereka, supaya konsumen yang lain dapat menjadikan perihal tersebut selaku pertimbangan. Buat mendapatkan pembahasan yang positif, jelas Kamu wajib membagikan layanan terbaik yang memuaskan.

4. Bangun web buat bisnis

Konsumen hendak mempunyai banyak persoalan tentang produk yang Kamu jual. Kamu butuh menanggapi seluruh ini dengan rinci lewat bermacam konten yang bermanfaat serta gampang diakses oleh seluruh orang. Buatlah web yang berisi bermacam konten terpaut bisnis ataupun produk yang Kamu jual. Tidak hanya menolong konsumen dalam mengambil keputusan, konten yang bermanfaat semacam ini hendak menolong Kamu mendapatkan banyak wisatawan serta konsumen baru di dalam bisnis tersebut.

8 Keuntungan Berinvestasi Emas

8 Keuntungan Berinvestasi Emas

Haciaeldespertar – Sejauh ini, emas tetap menjadi sarana investasi pilihan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini karena emas tidak hanya populer sebagai perhiasan tetapi juga dianggap sebagai pilihan investasi yang menguntungkan.

 

Ada beberapa alasan mengapa berinvestasi emas sangat cocok bagi investor pemula. Salah satunya, investasi emas bisa dilakukan dengan modal terbatas, sangat berbeda dengan jenis investasi lainnya seperti investasi reksa dana. Karena Anda bisa melunasi pembelian emas dengan uang yang Anda miliki.

 

Alasan lainnya, investasi emas merupakan jenis investasi dengan profil risiko yang relatif rendah. Di sisi lain, ada banyak pilihan investasi emas. Sebut saja investasi emas dalam bentuk perhiasan, investasi emas dalam bentuk koin, dan investasi emas dalam bentuk batangan nomor referensi bank bni

 

Anda juga bisa berinvestasi emas dalam bentuk tabungan emas yang berfungsi sebagai dana pendidikan, pembelian rumah, biaya haji, biaya liburan ke luar negeri. Biar lebih paham, yuk simak manfaat dan risiko berinvestasi emas.

 

Keuntungan berinvestasi emas

Berikut keuntungan berinvestasi emas:

 

  1. Bebas biaya administrasi

Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi emas, Anda akan dibebaskan dari biaya administrasi dan pajak. Bandingkan dengan menabung di bank, di mana Anda akan dikenakan biaya administrasi.

 

Contoh lain, jika Anda berinvestasi di lembaga investasi lain, Anda juga akan dikenakan biaya perantara, biaya administrasi, dan pajak.

 

  1. Emas melindungi aset dari inflasi dan deflasi

Berinvestasi dalam emas dapat melindungi aset Anda dari inflasi dan deflasi. Sementara itu, jika Anda memegang aset dalam bentuk investasi lain, kemungkinan besar Anda akan terpengaruh oleh inflasi yang sangat tinggi.

 

  1. Harga emas cenderung naik

Berinvestasi dalam emas merupakan investasi yang menjanjikan karena dapat memberikan Anda keuntungan yang menarik. Misalnya, harga emas cenderung naik setiap tahun dan jarang mengalami penurunan yang signifikan.

 

  1. Mudah dibayar atau tunai

Ketika Anda membutuhkan uang dalam kondisi mendesak, Anda pasti akan menarik investasi Anda. Namun, tidak semua jenis investasi bisa dengan mudah dicairkan.

 

Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengeluarkan investasi dalam bentuk rumah, kendaraan, seni, dll.

 

Berbeda dengan investasi emas. Proses pencairan investasi emas sangat sederhana. Anda bahkan bisa menjualnya di toko-toko emas di pasar saat Anda sangat membutuhkan dana.

 

5 tahan lama

Nilai emas tidak akan berubah meskipun dibakar, direndam dalam air, atau terkena bencana alam. Inilah sebabnya mengapa emas sering disebut sebagai logam mulia yang tahan dalam segala situasi.

 

Hal ini berbeda dengan jenis investasi lain seperti surat berharga, kendaraan, properti dan karya seni yang nilainya akan hilang jika terjadi kebakaran, terendam air, atau bencana alam.

 

  1. Aset berwujud

Investasi emas adalah aset yang bisa dimiliki atau kondisi asing adalah aset berwujud. Artinya, jika Anda menitipkan aset kepada orang lain atau lembaga keuangan, Anda perlu waktu untuk mengurus proses pencairannya.

 

Sedangkan emas bisa disimpan di rumah atau di bank. Dengan kata lain, investor emas memiliki aset berwujud, sehingga tidak perlu bergantung pada orang atau lembaga lain.

 

  1. Mudah dipindahkan (portabel)

Emas adalah aset (portable) yang mudah dipindahkan. Misalnya, Anda dapat membawa 1 kilogram emas dengan memasukkannya ke dalam tas tangan agar tidak menarik perhatian orang yang berniat buruk.

 

  1. Risiko rendah

Nilai emas selalu meningkat dan diperkirakan akan terus tumbuh di masa mendatang. Selanjutnya, nilai emas tidak akan terdepresiasi karena tidak dikenakan biaya administrasi dan pajak. Oleh karena itu, berinvestasi emas dianggap berisiko rendah.